DiponCyber – Ende, Hari Ulang Tahun TNI ke-75, situasi Bangsa Indonesia sedang didera oleh Virus Covid-19, sehingga menimbulkan kekewatiran seluruh lapisan masyarakat baik di pusat ibukota maupun pelosok daerah. Bencana tersebut bermula dari penyebaran virus covid-19 yang mematikan dan meresahkan masyarakat. Satuan Tugas (SATGAS) Kesehatan dari pusat hingga ke daerah berupaya sekuat tenaga untuk menangani penyebaran dan menyembuhkan pasien yang terkontaminasi virus covid-19. Sala satu cara, diberlakukan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) dan pemberlakuan pola hidup New Normal untuk memotong mata rantai penyebaran covid-19. Menyadari hal tersebut, Negara juga harus membentengi diri dari ketersediaan pangan demi memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Komandan Dandim 1602 Ende, Letkol Inf. M. Wirya Arthadiguna dalam keterangan persnya mengatakan, program ketahanan pangan sangat baik dikembangkan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Terkait dengan program holtikultura yang sedang dikembangkan Kodim 1602 Ende. ” Progresnya untuk ketahanan pangan kita sangat baik , kita juga sudah melaporkan ke Komandan atas, dalam hal ini pimpinan pimpinan kita ke atas, dan harapan pimpinan kita soal ketahanan pangan ini diperbanyak, ditingkatkan , diperbesar, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Nah, program saya berikutnya ketahanan pangan dibidang kelautan dan perikanan , ketahanan pangan di bidang peternakan dan ketahanan pangan di bidang pertanian, jadi NTT, (Nelayan,Tani,Ternak). Terkait dengan peternakan dan perikanan, perikanan disini saya melihat kelautan kita sedikit tidak diberdayakan dengan baik sehingga kodim 1602 ende akan melaksanakan pembinaan terhadap nelayan nelayan yang dimana, kita akan buat kelompok kelompok nelayan, kita berikan ilmu pengetahuan sehingga kemauan ataupun kegiatan di kelautan itu semakin lama semakin meningkat tidak hanya memenuhi kebutuhan sehari hari tapi dapat meningkatkan perekonomian khususnya para nelayan.” Ungkapnya, terkait pertanian hortikultura akan melibatkan masyarakat disekitar daerah Nanganesa dan Udayana dan, kegiatan ini para babinsa bersama masyarakat melaksanakan penanaman jagung dan padi.

Mayarakat diwilayah tersebut akan diberdayakan melalui pembinaan dan, dibentuk kelompok kelompok masyarakat serta dibekali pengetahuannya karna kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat.

Selain itu, menyongsong HUT TNI, ada kegiatan peduli lingkungan dan bakti sosial yang sudah dilakukan Kodim 1602 Ende, pembersihan tempat tempat ibadah seperti Pura, Mesjid, Gereja, kemudian membersihkan Lingkungan Pantai Ria dan Pantai di Desa Ondo Rea, dilanjutkan pembagian sembako, pembinaan UKM masyarakat serta, rehap rumah warga yang tidak layak huni, Sasaranya pada masyarakat yang pantas mendapatkan bantuan. Dalam rangkaian kegiatan tersebut tentu tidak berdiri sendiri, Sinergi untuk negri jadi, harus bekerja sama dengan pihak Pemprov NTT dan, Pemda Kabupaten demi kesejahteraan Masyarakat.

(AS)

Tinggalkan Balasan