DiponCyber-Ende, Peningkatan kapasitas pengawas Koperasi kabupaten Ende penting dilakukan, untuk memajukan sumber daya pengawas Koperasi ke arah yang baik. Sehingga pengawas Koperasi tidak lagi mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas sebagai pengawas untuk keberlangsungan Koperasi. Ketua Dekopimda Kabupaten Ende, Yakobus Dua mengatakan pengawas Koperasi perlu dibekali dengan kapasitas untuk perkembangan Koperasi ke depan. ” yang menjadi kesulitan selama ini bahwa, laporan pengawas koperasi selama ini, selalu dibuat oleh pengurus karena pengawas kan, mereka juga, bukan  tidak ini, tapi mereka juga ada keterbatasan pengetahuan jadi saya melihat itu menjadi lowong maka di bikinlah pelatihan untuk pengawas itu. sehingga kegiatan pelatihan ini, pulang itu, kan, mereka sudah bisa melakukan tugas mereka sebagai pengawas di koperasi. jadi, kewajiban mereka yang di undang ini, konsekuensi kedepan kan supaya mereka membayar iuran dekopimda, iuran dekopimda ini, perbulan 25.000, pertahun 300.000 mereka wajib setor itu ke dekopimda. sehingga pelatihan pelatihan untuk yang lain itu terus jalan kedepannya”. Ungkapnya.

Efrem Diakon Aina, SE, Kepala Dinas Koperasi mengatakan melalui pesan whatsapp, terkait dengan peran Pemerintah dalam melaksanakan kebijakan pengawasan kepada koperasi bahwasanya menjadi tugas Pemerintah untuk mewujudkan koperasi yang kuat, sehat, mandiri, tangguh dan berdaya saing sesuai jati diri koperasi. Tujuan dari pengawasan adalah untuk meningkatkan kesadaran para pengelolah koperasi dalam mewujudkan kondisi sesuai dengan aturan yang berlaku.
Pengawasan yang dilakukan oleh Pemerintah dalam hal ini oleh Dinas Koperasi mencakup; ” penerapan kepatuhan, kelembagaan, aspek usaha simpan pinjam, penilaian kesehatan koperasi dan penerapan sanksi.
Saat ini Pemerintah melalui Dinas Koperasi melakukan pengawasan secara aktif dan pasif. Pelaksanaan pengawasan secara aktif dimana petugas langsung turun ke koperasi sedangkan pemeriksaan pasif petugas yang membidangi melakukan pengawasan dengan menelaah laporan yang disampaikan oleh Koperasi.

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas pengawas koperasi berlangsung selama 2 hari, sejak 12-13 Oktober 2020 bertempat di Wisma Emaus Jln. Ponegoro Ende. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 20 peserta, mewakili 20 masing masing koperasi di Kabupaten Ende. (AS)

Tinggalkan Balasan