DiponCyber Ende, Porang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri. Tanaman ini adalah umbi-umbian. Tanaman yang mengandung glucomannan ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya sebagai bahan baku untuk membuat penjernih air, lem, kosmetik, juga tepung. Manfaatnya yang banyak ini membuat Porang dikenal dimana mana.

Di Indonesia budidaya tanaman porang sudah dikembangkan Kementrian Pertanian, prospeknya bagus secara ekonomis kesejahteraan petani disektor pertanian, terbantu dengan tanaman porang. karena itu, komoditi porang dibutuhkan oleh negara negara luar, untuk meramunya jadi cosmetik dan untuk kesehatan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ende, Marianus Alksander mengatakan Rabu, 18/11/2020, di NTT tahun 2020 dialokasikan untuk penanaman dimusim tanam satu oktober sampai maret sebanyak 110 Ha, di kabupaten ende bukan baru mulai, masyarakat sudah dengan sendirinya karena banyak yang tumbuh di hutan hutan kita seperti di maurole, maukaro, wewaria dan nangapenda. “kita sudah siap, kita sudah 110 Ha yang sekarang kita kembangkan. sekarang dengan catatan yang memberikan pupuk organik cair untuk budidaya ini karena memang pemerintah juga masih kesulitan untuk mendapatkan bibit atau benih. mencari bibit itu di tanggung oleh petani semua dan 110 ha itu sudah pupuk organik cairnya sudah kita distribusikan semua di 13 desa di 3 kecamatan, Maurole, Nangapanda, Maukaro “. Tuturnya. (AS)

Tinggalkan Balasan