DiponCyber Ende, Di tengah musim hujan kota Ende kembali di banjiri sampah yang meluap ke badan jalan sehingga aktivitas lalulintas kendaraan jadi terganggu dan badan jalan dikotori sampah yang berserakan. Bidang Bina Marga bersama kru lapangan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende melakukan pembersihan saluran drainase yang tersumbat akibat sampah menumpuk pada saluran sehingga meluap ke badan jalan saat musim hujan. Kegiatan tersebut di bantu dengan beberapa peralatan seperti, satu unit exavator kecil, satu buah mobil dum track dan peralatan manual lainnya, Minggu, 13/12/2020.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende Nasrul Mejid ketika di mintai keterangan saat sedang melakukan pembersihan saluran drainase di perempatan jalan Melati kota Ende mengatakan kerja bakti yang dilakukan karena setiap musim hujan sampah menumpuk di saluran drainase sehingga air dan sampah meluap ke badan jalan karena saluran drainase tersumbat oleh sampah. ” Ada sampah yang menutup tersumbat saluran sehingga air itu tidak mengalir melalui saluran got, namun air meluap mengalir ke badan jalan “, kata Kabid Bina Marga. Minggu, 13/12/2020. Dikatakannya, sampah yang menumpuk pada saluran drainase di perempatan Jalan Melati kota Ende jumlahnya banyak, karena hulu saluran drainase ada dua titik yaitu di depan gedung golkar dan jalur di jalan Melati dari perempatan melati atas, hotel Flores Mandiri di tambah dengan perumahan sehingga mengakibatkan sampah dan airnya meluap ke badan jalan. ” Jadi di saluran itu betul betul tertutup yang tersisa hanya sekitar 10 sampai 20 senti saja, pas kita bongkar awal “, ungkap Nasrul Mejid Kepala Bidang Bina Marga.

Tambahnya, sering di jumpai berbagai jenis sampah pada setiap kerja bakti yaitu batang pisang, kasur, bantal, gelondongan kayu, dan lain lain yang masuk dalam saluran drainase. ” Memang setiap saat kalau musim hujan berarti sampah bawaan yang di temukan dalam kerja bakti “, kata Nasrul Mejid. Terkait dengan perencanaan dalam kegiatan kerja bakti membersihkan sampah yang tersumbat pada saluran drainase kota Ende, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende, menyampaikan akan lanjut membersihkan saluran drainase yang sering tersumbat oleh sampah pada saat musim hujan di semua titik. ” Pembersihan saluran perencanaannya di semua titik yang sering meluap, depan man, depan Sospol, jln. Anggrek, lorong PLTD, dan di Perlimaan “, tuturnya. (AS)

Tinggalkan Balasan