DiponCyberEnde, Masyarakat Kelurahan Roworena, Kecamatan Ende Utara melakukan kerja bakti perbaikan jalan berlokasi di Wolo Are B, menuju Tempat Siarah Umat Katolik. Kerja Bakti tersebut dilakukan atas inisiatif masyarakat di karenakan kondisinya yang sudah rusak akibat kikisan air yang mengalir pada badan jalan disaat turun hujan. Selain ke tempat siarah, juga menjadi lalulintas masyarakat yang tinggal di ujung jalan dan juga komoditi pertanian, namun tarif ojek yang mahal 25 ribu rupiah sampai dengan 30 ribu rupiah kadang tukang ojek tidak mau, apalagi roda empat, kerja bakti jadi jalan keluar. Jumat, 08/01/2021.

Warga Dusun Ndetu Ko’u Maria Imakulata ketika di konfirmasi mengatakan kondisi jalan yang menuju ke tempat siarah umat khatolik memang rusak sudah lama kurang lebih sepuluh atau sebelas (10 – 11) tahun. Dikatakannya, terkait dengan kondisi jalan yang rusak seperti ini, kami sering melakukan kerja bakti untuk menambal fisik badan jalan yang lubang akibat kikisan air yang setiap kali turun hujan tapi itu pun tetap sama karena jalan tersebut tidak ada drainase sehingga air mengalir ke badan jalan. ” Jalan ini kan tidak ada got jadi air datang lewat di jalan semua, setiap kali hujan biar kita kerja langsung ini rusak lagi “, ungkap Maria Imakulata. Tambahnya pada masa kampanye, paket M. J. jilid satu dan jilid dua pernah menjanjikan kepada masyarakat dan Mosalaki akan memperhatikan jalan menuju tempat siarah, namun sampai dengan saat ini realisasinya belum ada. ” Mereka sudah janji, omong dengan Bapak Mosalaki , habis ini kalau saya gol, ini saya kerja jalan menuju ke Gua Maria, itu Pak Djafar yang omong “, tandas Imakulata. Dirinya menambahkan, ada beberapa kali kunjungan umat katolik untuk melakukan siarah ke tempat tersebut, ketika melewati kondisi fisik badan jalan yang rusak, mereka hanya mampu menempuh beberapa meter ke depan akhirnya balik pulang sehingga tidak sampai ke tempat siarahnya. ” Orang yang mau ke gua juga, tidak jadi juga, orang balik lagi karena jalannya jelek sekali “, ungkapnya.

Ketua Fraksi Partai Golkar Anggota DPRD Kabupaten Ende Megy Sigasare saat mendapat informasi tersebut, langsung turun ke lokasi melihat langsung terkait kegiatan kerja bakti masyarakat memperbaiki fisik badan jalan menuju tempat siarah. Dikatakannya sebagai anggota DPRD Ende sudah menjadi tanggung jawab untuk mendengarkan keluhan masyarakat terkait dengan kegiatan kerja bakti hari ini. Saat melihat kondisi fisik badan jalan dan partisipasi masyarakat di lokasi tersebut, dirinya langsung menyumbangkan semen membantu kegiatan swadaya masyarakat. Tambahnya, dibalik kerja bakti perbaikan fisik badan jalan yang dilakukan masyarakat tentu ada so’al, untuk itu sebagai anggota DPRD Ende, menjemput aspirasi itu penting dan akan mengkawal aspirasi tersebut karena ini bagian dari pelayanan terhadap masyarakat. ” Sebagai anggota DPRD saya harus menjemput aspirasi, mendengarkan dan melihat langsung di masyarakat “, tutur Megy. (AS)

Tinggalkan Balasan