DiponCyberEnde, Palantikan Kepala Desa Saga Hendrikus Lele, akan bergerak sesuai dengan visi dan misi saya menjadikan Desa Saga sebagai Desa unggul, Mandiri dan Transparan. Kegiatan berlangsung di Desa Saga Ende, 15/01/2021.

Kepada Desa Saga yang baru di lantik saat di konfirmasi berkomitmen selama dirinya menjabat Kepala Desa akan serius membangun Desa Saga sesuai visi dan misinya. Dirinya meyakini program kerja pembangunan desa nantinya sesuai dengan potensi yang ada di wilayah desa tersebut. Terkait dengan potensi, Desa Saga di kenal sebagai desa wisata adat dan sisi lainnya juga ada sektor pendukung seperti pertanian, peternakan serta wisata alam air terjun Moru Mera juga menjadi perhatian untuk di tata dan di kelola secara baik. Dijelaskannya, dari bidang pertanian, di Desa Saga juga cocok untuk di kembangkan tanaman kopi sehingga desa tersebut bisa menghasilkan kopi dan memberi nama baru untuk kopi di desa tersebut. ” Bisa menghasilkan prodak Kopi Saga artinya menjadikan Kopi Saga “, terang Hedrikus Lele. Dirinya juga akan membenahi jaringan pipa air ke Desa Saga, agar pemanfaatan air tersubut bisa di pakai untuk kebutuhan lahan pertanian juga. ” Jika manajemen air minumnya bagus, maka pemanfaatan lain dari air ini bisa di gunakan ke lahan pertanian Desa Saga “, ungkap Hendrikus.

Herman minggu Sekretaris Desa Saga saat di konfirmasi berharap, setelah pelantikan agar dalam kepemimpinannya tidak berpihak kepada siapa siapa tapi berpikir untuk membangun Desa Saga secara umum. Dirinya menambahkan, dengan Kepala Desa yang baru ini, agar bisa melakukan proses perekrutan aparat yang bisa diganti Kepala Dusun. ” Aparat yang bisa di ganti hanya Kepala Dusun “, tandasnya.

Lipus Kami Tokoh Masyarakat Desa Saga menyampaikan Apresiasi dan profesiat buat kepala desa terpilih agar kedepan bisa buat desa ini lebih baik. Dirinya menambahkan bahwa Kepala Desa tidak bisa berjalan sendiri, dirinya menyarankan untuk kemballi merangkul seluruh komponen yang ada di Desa Saga. ” Membangun komunikasi terkait dengan berbagai aspek pembangunan sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan Desa Saga bisa berjalan dengan baik dan di dukung oleh seluruh masyarakat disini “, tambahnya. Melihat potensi yang ada, Desa Saga merupakan Desa Adat Wisata, sehingga fokus kedepan selain pertanian, perkebunan, palawija, dan peternakan sektor wisata menjadi sektor unggulan. Untuk menjadi pertimbangan Kepala Desa dalam merencanakan pembangunan ke depan, tentu juga membangun kerja sama dengan Badan atau Dinas yang bersentuhan langsung dengan sektor terkait. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mendukung Kepala Desa yang baru, sehingga perencanaan, sampai dengan pelaksanaan pembangunan untuk Desa Saga menjadi baik ke depannya. ” Kita minta juga perhatian pemerintah bukan hanya pemerintah daerah tapi juga pemerintah pusat dan pemerintah propinsi tentunya “, tuturnya. (AS)

Tinggalkan Balasan