DiponCyberEnde, Akibat hujan lebat, ruas jalan penghubung antar Desa di Kecamatan Nangapanda , Kabupaten Ende, hampir putus. Kamis (27/01/2021)

Derasnya hujan beberapa hari terakir ini membuat ruas jalan watumite – Oja nyaris putus. Badan jalan yang mengalami kerusakan parah akibat curah hujan tinggi, menyebabkan badan jalan tersebut nyaris putus. Yang merupakan akses lalulintas warga Desa Romarea – Desa Tendambepa mengalami hambatan saat melakukan aktivitas karena jalan yang rusak.

Kerusakan jalan tersebut, menyulitkan aktivitas transpotasi dan bahkan akan melumpuhkan perekonomian warga yang berada di desa. Jalan ini juga sangat membahayakan pengendara ujar Salah Satu Warga Mikhael Edo Asa.

“Bisa dicek kondisinya di lapangan, kalau tidak di atasi akan semakin parah” keluh Mikael.

Sebelumnya kata mikhael, jalan tersebut Diakir Tahun 2019 kemarin pernah mendapatkan perbaikan oleh pemerintah Desa melalui Dana Silpa, tetapi hanya sebatas penggusuran.

Masyarakat Romarea berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ende segera melakukan tindakan perbaikan jalan yang menghubungkan antar Desa ini. Karena Ketergantungan masyarakat terhadap ruas jalan yang rusak tersebut diketahui sangat tinggi, disamping sebagai akses jalan, juga sebagai akses penyangga kehidupan perekonomian masyarakat, karena sebagian besar masyarakat Desa tersebut mempunyai lahan perkebunan di sekitar ruas jalan tersebut.

” Saya harap kepada Pemerintah kabupaten melalui dinas PU kabupaten Ende untuk segera memperbaiki jalan tersebut, agar perekonomian warga bisa berjalan lancar, apalagi ditambah kondisi saat ini, pandemi virus corona,jika ruas jalan ini tidak diperbaiki, kami khawatir akan semakin parah dan masyarakat akan terputus akses jalannya,” sebut Mikhael.

Pada kesempatan lain kepala Desa Romarea Gabriel Sagho membenarkan kondisi jalan tersebut, hujan yang berkepanjangan beberapa hari terakir, mengakibatkan jalan Watumite – oja itu kembali rusak.
” kami melihat ada 3 titik jalan yang kembali rusak itu akibat curah hujan yang panjang beberapa hari terakir ini, dan membuat warga kami kesulitan untuk mengakses jalan tersebut.

Ia menambahkan tentu sebagai kepala Desa kita tidak menutup mata, hari ini kita lagi mengupayakan bantuan kabupaten melalui dana PIDESPIKEL, pada saat pertemuan dengan pemerintah kabupaten di kecamatan, Desa Romarea mengusulkan pembangunan jalan Watumite – Oja dalam aplikasi SIPD tertera sekitar5000m.Kita berharap tahun Depan bisa di selesaikan semua.

Ia menyebutkan selain jalur penghubung itu juga merupakan jalur produksi.
“jalur romarea – Tendambepa itu sangat penting selain jalur penghubung itu juga merupakan jalur produksi karena di sekitaran ruas jalan itu ada begitu banyak kebun komoditi masyarakat tuturnya.

Tinggalkan Balasan