DiponCyberJakarta, Hari Pers Nasional (HPN) 2021 mengangkat tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, dengan Pers Sebagai Eksalator Perubahan”. Kegiatan HPN berlangsung di Candi Borobudur kawasan Ancol dengan Jakarta sebagai tuan rumah yang berkolaborasi dengan PWI Jakarta sebagai penyelenggara. Kegiatan HSN bertepatan dengan HUT Ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Puncak acara HPN 2021 merupakan bagian dari rangkaian acara tahunan. Tentunya acara ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selasa, 09/02/2021.

Kegiatan HPN di hadari oleh beberapa tamu undangan diantaranya Kepala Daerah. Dan secara virtual termasuk rencana kegiatan ini  (sebelum berita ini diturunkan) di buka langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara. Perwakilan PWI 37 provinsi mengikuti rangkaian acara tersebut secara virtual. “ Bersama Pers kita dapat bangkit dari pandemi yang melanda kita ”, Pernyataan dari  perwakilan PWI Aceh.

Berikut pernyataan beberapa Kepala Daerah ketika ditanya oleh pemandu acara puncak HPN 2021 Rivana Pratiwi dan Imam Priyono. Aria Bima selaku Wali Kota Bogor memberikan tanggapan terkai pertanyaan dari master of ceremony (MC) mengenai harapan Pemda terhadap peran insan pers disaat pandemi ini. Situasi saat ini tidak biasa sangat membutuhkan peran yang tidak biasa dari Pemda yang berkolaborasi dengan pers untuk mengatasi situasi pandemi saat ini.

“ Disaaat perang ini, situasinya memang tidak biasa oleh karena itu membutuhkan peran pers yang tidak biasa. Peran pers yang pertama tetap harus mengkritisi, kalau tidak bisa diingatkan kita bisa tidur, semua bisa jadi generasi rebahan ngga tampil di depan. Fungsi pertama tetap kita tunggu tetapi ada fungsi kedua, memotivasi dan menginspirasi karena perang ini penuh energi. Kita berharap kolaborasi kita semua tidak hanya membuat kita kencang berlari tetapi juga bisa saling menginspirasi dan memotivasi” ungkap Bima pada ruang acara tersebut.

Imam menambahkan, pers tetap mengkritisi seperti yang disampaikan Bima Arya. Hal tersebut, dikarenakan sajian pers yang dikonsumsi oleh masyarakat berbassis data dan, informasi.

“ Karena kritik pers penuh konstruktif penuh dengan data dan informasi “, ungkap Imam Priyono.

Wali Kota Mojekerta Ika Puspita Sari diminta keterangan mewakili Kepala Daerah peremipuan, terkait cara Pemda Mojokerto menggandeng insan pers untuk bersama-sama menyajikan informasi yang kredibel di daerah terutama soal vaksinasi nasional.

“ Diawal-awal vaksinasi belum sempat di lakukan di daerah bagaimana berita hoax sedemikian gencar di masyarakat bahkan sampai level ke bawah. Disinilah di butuhkan peran pers bersinergi dengan kami pemerintah daerah untuk bisa menyampaikan informasi-informasi yang baik dan informasi yang akurat. Bahwa vaksinasi ini adalah salah satu yang ikhtiar yang harus kita sukseskan bersama sebagai upaya untuk membentengi masyarakat dari keterpaparan Covid-19. Jadi sinergi dengan pers akan terus kita tingkatkan tidak hanya dalam vaksinasi tetapi juga dalam pemulihan ekonomi” kata Walikota Mojokerto.

Sebagai tuan rumah acara Pemrov DKI di mintai tanggapannya terkait vaksinasi, yang hadir pada tempat kegiatan adalah Wakil Gubernur sementara Gubernur di informasikan berada di Istana Negara mengikuti acara puncak HPN besama Jokowi.  Ahmad Riza Patria selaku Wagub menyampaikan Pemprov DKI hingga kini terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat di Jakarta.

“ Alhamdulillah, kita telah mengikuti vaksinasi dan Jakarta itu punya kemampuan sehari bisa sembilan belas ribu. Kemudian juga ada 400 lebih petugas (paskes) yang disiapkan, dan kita telah menerima kurang lebih 290 ribu vaksin yang kita lakukan di Jakarta sudah mencapai 65 persen. Insyaallah kita semua akan sukseskan vaksin secara bertahap di Jakarta. Dan himbauan kepada seluruh warga Jakarta untuk patuh, taat dan disiplin dalam menjalani protokol kesehatan sehingga proses vaksinasi dapat berjalan dengan baik”. Demikian kata Wagub sela-sela acara menanti pembukaan HPN 2021 oleh Presiden Jokowi.

Hingga berita ini ditulis, dimana rencananya acara HPN 2021  Jokowi akan Pidato dari Istana Negara. (AA)

Tinggalkan Balasan