DiponCyberEnde, Kegiatan penyuluhan dan pelatihan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak ( pencegahan stunting ), Desa Puutuga Kecamatan Ndona, berlangsung di ruang pertemuan Kantor Desa Puutuga. Jumat, 19/02/2021.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk pencegahan stunting masyarakat Desa Puutuga. Kepala Desa Puutuga dalam keterangannya menyampaikan, dalam upaya pencegahan stunting, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memahami ara pencegahan stunting.

” Kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bagaimana kita berupaya untuk mencegah stanting ini “, terang Yohanes Wenslaus Joni.

Ia menambahkan, pihaknya akan siap mendampingi apabila ada keluhan dari tenaga medis di desa yang secara pribadi tidak bisa di sampaikan oleh Ibu Ibu pasien.

” Jika mungkin ada keluhan dari ibu bidan yang secara pribadi tidak bisa disampaikan, maka itu harus kami dampingi “, ujarnya.

Bidan Desa Puutuga saat di konfirmasi mengatakan, penyuluh dan pelatihan akan dilakukan setiap kegiatan posyandu, melalui penimbangan berat badan dan, pengukuran tinggi badan, sehingga kita bisa langsung mengetahui pasien tersebut stunting atau tidak.

Dia mengingatkan kepada ibu hamil agar, di awal kehamilan dapat memeriksakan diri secara dini utuk pencegahan stunting. Kegiatan ini, berlangsung sekali dalam sebulan, bersama Kader Pembangunan Manusia ( KPM ). Dijelaskanya, dalam pencegahan stunting biasanya meliputi, penimbang bayi balita, imunisasi dan, pemeriksaan ibu hamil. Jika ada kejadian luar biasa misalkan ibu dengan Kurang Energi Kalori (KEK).

” Untuk pencegahan stunting, Ibu dikatakan KEK itu dilihat lingkar lengannya kurang dari 23, 5 kalau sudah tidak lagi 23, 5 maka dia sudah dikatakan normal ” pungkas Maria Binti Windarawati.

Ia menambahkan, untuk HB Ibu hamil, tidak boleh kurang dari 11 dan, jika ada kelainan mata biasanya antisipasi disuruh USG ke Dokter Ahli kandungan.

” Biasanya ibu hamil dilakukan pemeriksaan 10 T, timbang berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian tablet besi, temuwicara, pengukuran tekanan darah, pengukuran, pengukuran tinggi fondusuteri (pengukuran besarnya perut) “, tutur Maria. ( AS )

Tinggalkan Balasan