DiponCyberMaumere, Hujan lebat yang terjadi di wilayah kota Maumere dan sekitarnya, (Jumad, 26/02/2021) pukul 13.00 wita sampai sore hari, menyebabkan air meluap kebadan jalan dikarenakan saluran drainase tersumbat, membuat aktivitas masyarakat terganggu dan puluhan rumah warga terendam air.

Hal ini, terjadi diruas jalan trans pantura, di wilayah Rt 19 Rw 04 Waidoko, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, saat diguyur hujan beberapa bulan terakhir hingga kini.

Pantauan media di lokasi memperlihatkan, sepanjang jalan Diponegoro-Waidoko, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat. Terdapat puluhan rumah warga dan kios-kios pedagang kaki lima yang terendam banjir.

Terlihat sejumlah pengendara yang melintasi ruas jalan tersebut begitu padat dan harus menerobos genangan air yang diperkirakan setinggi lutut pejalan kaki.
Terlihat pula BPBD kabupaten Sikka, membantu dan memantau arus transportasi kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.

Agustinus Jami, salah satu warga kelurahan Wolomarang mengatakan, guyuran hujan deras dari tadi siang sampai sore ini, mengakibatkan puluhan rumah warga terendam banjir. Kondisi ini, diakibatkan oleh sistem drainase yang buruk dengan posisi drainase yang lurus dan pendek serta sumbatan sampah menyebabkan air meluap ke rumah warga dan badan jalan. ” Kiranya ada perhatian dan penanganan serius dari pemerintah soal kondisi ini “, tandas Agustinus.

Selain itu Stefanus Yosi seorang pengendara yang ditemui saat melintasi ruas jalan tersebut menuturkan perlu ekstra hati-hati ketika melintasi genangan air badan jalan, karena dapat menyebabakan kecelakaan. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa pemerintahan melalui dinas terkait harus lebih ekstra dalam menangani masalah tersebut agar, keselamatan dan kenyamanan masyarakat terjaga.

” Langkah – langkah yang harus di buat oleh pemerintahan adalah dengan memperbaiki saluran drainase serta mengerakan masyarakat, untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Sehingga, dapat mencegah terjadinya penyumbatan drainase “, tutur Stefanus Yosi ( WY )

Tinggalkan Balasan