DiponCyberEnde, pada rapat partai koalisi paket MJ jilid II untuk pengisian kekosongan jabatan Wakil Bupati Ende, bertempat di Aula Hotel Shifa, jalan Gatot Subroto Ende. Dalam pertemuan itu, hadir 7 partai koalisi yakni, PDIP, PKPI, PKS, PKB, NasDem, Golkar dan Demokrat. Sabtu, 13/03/2021.

Sekretaris DPD II partai Golkar Megy Sigasare mengatakan, kehadiran partai golkar dalam pertemuan tersebut merupakan sikap serius golkar terhadap undangan yang ditandatangani oleh koordinator koalisi perihal mengundang koalisi dan kandidat calon Wakil Bupati Ende periode 2019-2021.

Memenuhi undangan tersebut, turut hadir dua kandidat dari partai Golkar yakni, Heri Wadhi dan Dokter Domi. Menurutnya, kehadiran Golkar dalam pertemuan partai koalisi merupakan sikap serius untuk membicarakan, dan sepakati bersama dengan partai koalisi, terkait dengan persiapan kandidat.

” Golkar tentu tidak bisa asal bicara gaduh, tapi semuanya kita ingin dituangkan dalam bentuk kesepakatan, tata tertib, tadi disebutkan dengan pengunduran diri, itu dituangkan di dalam kesepakatan, yah, tidak bisa di perintahkan hari ini, karena undang undang tidak disampaikan apa apa yang mereka mau bawa “, terangnya.

Ia menegaskan, Golkar tetap sebagai “calon” Wakil Bupati kalau melihat dengan amanah UU pasal 176, jadi tidak ada kandidat atau bakal calon untuk sisa waktu 2019 – 2024. Dirinya menyampaikan, dalam pertemuan itu, golkar berpendapat untuk meminta waktu satu bulan, untuk mendapat kesepakatan terkait dengan tiga nama calon Wakil Bupati Ende saat ini.

” Permintaan golkar hari ini, ketiga tiganya harus ditampilkan, supaya hargai undangan yang sudah disampaikan koalisi itu. Masa kandidat sudah datang, terus mereka diluar saja kan, ditampilkan, kan mereka juga bagian dari koalisi “, ujarnya.

Ia berpendapat, dibuat tim khusus untuk merekam semua tentang musyawarah mufakat, tentang mekanisme, tentang tata tertib. Pihaknya mau mempercepat proses Wakil Bupati agar kebutuhan masyarakat cepat terjawab.

” Kita juga tidak mau menghalang halangi, kita mau cepat proses wakil bupati, kita mau kebutuhan masyarakat cepat terjawab “, terangnya.

Jubir 6 partai koalisi paket MJ jilid II Kadir M. Basa mengatakan, prinsipnya kita tetap menghargai perbedaan dan menjaga kebersamaan tujuh partai koalisi tetap ada. Dikatakannya, golkar saat ini ada dua calon, namun ada satu calon berkasnya belum lengkap. Mekanismenya nanti di undang kembali partai koalisi untuk berdiskusi pada tanggal 27 nanti.

Dirinya katakan, golkar tidak perlu terlalu memaksakan koalisi untuk mengikuti kemauan golkar, ditengah koalisi sudah mengusung dua calon diantaranya, satu dari golkar satunya dari partai lain.

Ia menambahkan, ketika dalam forum tersebut timbul perbedaan, golkar mustinya menganggap itu sebagai dinamika terkait yang dipersoalkan oleh golkar.

Kadir menilai, itu cara berpikir lama dan tidak mencederai proses karena persoalan tersebut tidak termuat dalam regulasi.

Ia katakan terkait sikap walk out golkar, bahwa jika itu nanti terjadi kembali pada pertemuan berikutnya maka, proses itu tetap akan dijalankan.

” Jikka nanti golkar mengambil sikap keluar dari partai koalisi, maka proses itu tetap jalan. Yang namanya koalisi adalah, terdiri dari beberapa partai. Kalau sudah terdiri beberapa partai, pasti terjadi beberapa perbedaan di dalam itu, karena kita terdiri dari beberapa kepentingan “, tandasnya. (AS)

Tinggalkan Balasan