DiponCyberEnde, Hujan lebat yang terjadi beberapa waktu lalu, menyebabkan jalan jalur Ende – Aekipa tertimbun langsoran material. Saat kejadian, warga yang berada disekitar jalur tersebut, bergotong royong membersihkan timbunan material.

Namun, kerja keras warga membersihkan material longsor yang tutup badan jalan, tidak semuanya bisa di bongkar, tapi untuk kendaraan roda dua dan ukuran satu mobil pick-up bisa melewatinya. Kondisi badan jalan yang rusak dan licin, kendaraan yang lewat tentu penuh hati hati. Jumad, 09/04/2021.

Kepala Dusun Rada’ara, Kelurahan Onelako Ambros Pake mengatakan, saat mengetahui badan jalan tersebut tertimbun material longsor, disituasi hujan agak reda, warga langsung bergotong royong membersihkan material yang tutup badan jalan. Ditengah usaha warga, semua material tidak bisa dibersihkan, karena ada satu pohon tanaman kelapa yang ikut terbawa longsoran.

Dikatakannya, akibat curah hujan yang tinggi ada beberapa kerusakan yang terjadi di Dusun Radaara diantaranya, duah buah Tembok penahan tanah (TPT) runtuh, dan satu buah drainase. Sementara TPT dan drainase yang runtuh, berada di jalan trans Aekipa – Ende

” Kita minta pemda Ende, melalui Dinas PUPR supaya bisa atasi kondisi badan jalan yang tertimbun material longsor dan, memperbaiki TPT dan drainase yang runtuh akibat curah hujan tinggi, sehingga kerusakannya tidak bertambah besar “, tandasnya.

Lurah Onelako Arifin Lele, membenarkan hal tersebut, ia juga mengatakan, terkait musibah akibat curah hujan kemarin, ada beberapa tembok penahan tanah (TPT) yang runtuh, diantaranya, 3 buah TPT di Lingkungan Radawuwu.

Tambahnya, di Lingkungan Radawuwu ada 3 titik TPT yang runtuh, salah satunya TPT penompang bahu jalan lingkar luar Keuskupan. Jadi jumlah kerusakan yang berada di wilayah Kelurahan Onelako akibat hujan kemarin yaitu, ada 5 buah TPT, dan 1 buah drainase.

Dikatakannya, dirinya sudah melaporkan kepada Bupati Ende secara tertulis, dengan tembusan Dinas PU untuk bisa tangani kerusakan tersebut

Ia keluhkan, dari sekian kerusakan, kalau tanpa intervensi dari Pemda Ende, kita di Kelurahan tidak bisa berbuat apa apa, Karena tidak memiliki anggaran.

Lebih lanjut, dirinya meminta kepada Pemda Ende untuk segera memperhatikan beberapa titik bencana, yang terjadi di Kelurahan Onelako.

” Meminta kepada Pemda, untuk segera memperhatikan bencana yang di akibatkan curah hujan kemarin “, tuturnya. (AS)

Tinggalkan Balasan