Cryptocurrency (atau “crypto”) adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa, tetapi menggunakan buku besar online dengan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi online. Sebagian besar minat dalam mata ini adalah untuk berdagang demi keuntungan.

Banyak perusahaan telah menerbitkan mata uang mereka sendiri, sering disebut token, dan ini dapat diperdagangkan secara khusus untuk barang atau jasa yang disediakan perusahaan. Cryptocurrency bekerja menggunakan teknologi yang disebut blockchain. Blockchain adalah teknologi terdesentralisasi yang tersebar di banyak komputer yang mengelola dan mencatat transaksi. Bagian dari daya tarik teknologi ini adalah keamanannya, sandi-sandi rahasia yang rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Selain membeli barang atau jasa, cryptocurrency dapat digunakan sebagai alat investasi. Prinsip dari cryptocurrency ini sama dengan prinsip ekonomi, dimana harga akan naik ketika terdapat banyak sekali permintaan. Semakin banyak orang yang berinvestasi, maka harga juga akan melambung naik. Tetapi perlu diingat, investasi ini termasuk ke dalam kategori high risk (resiko tinggi).

Lebih dari 6.700 cryptocurrency berbeda diperdagangkan secara publik, menurut CoinMarketCap.com, situs web riset pasar. Nilai total semua cryptocurrency pada 16 April 2021, lebih dari $ 2,2 triliun, menurut CoinMarketCap, dan nilai total semua bitcoin, mata uang digital paling populer, dipatok sekitar $ 1,2 triliun.

Berikut adalah 5 cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar seperti yang dilacak oleh CoinMarketCap, penyedia data dan analitik cryptocurrency.

Cryptocurrency sangat menarik bagi para penggemarnya karena berbagai alasan. Berikut ini beberapa alasan yang paling populer:

  • Mereka melihat cryptocurrency seperti Bitcoin sebagai mata uang masa depan dan berlomba untuk membelinya sekarang, sebelum harganya terus melonjak.
  • Para pendukung cryptocurrency menyukai fakta bahwa cryptocurrency menghilangkan peran bank sentral dalam mengelola suplai uang, karena seiring waktu nilai uang akan tergerus melalui inflasi.
  • Pendukung lain menyukai teknologi di balik cryptocurrency, blockchain, dengan sistem pemrosesan dan pencatatan yang terdesentralisasi dan bisa lebih aman daripada sistem pembayaran tradisional.
  • Beberapa spekulan menyukai cryptocurrency untuk kepentingan investasi karena nilainya cenderung naik dan tidak tertarik pada simpanan jangka panjang di bank-bank dengan bunga yang kecil dan berpotensi mengalami inflasi.

Penulis: Arlett (Pendukung & Penggemar Cryptocurrency)

Pengungkapan: Pada saat penulisan, penulis memiliki XRP (Ripple) dan Ada (Cardano).

Disclaimer: Investasi aset cryptocurrency merupakan jenis investasi berisiko tinggi. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari trading. Harap lakukan investasi Anda dengan bijak.

Tinggalkan Balasan