DiponCyberMaumere, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere, Santo Thomas Morus, menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) angkatan XXII Tahun 2021. Pelaksanaan MPAB digelar pada Rabu, 14/04/2021, hingga Sabtu, 17/4/2021, dengan mengusung Tema “Mengenal, Memahami dan Mencintai PMKRI sebagai Rahim Pembinaan dan Perjuangan”. Rabu, 14/04/2021.

MPAB ini, dilaksanakan di Wisata Pantai Bethesda Maumere, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jumlah peserta yang mengikuti MPAB berjumlah 71 orang, dan peserta berasal dari berbagai universitas dan sekolah tinggi di Kabupaten Sikka, di antaranya Universitas Nusa Nipa-Indonesia, STFK Ledalero dan IKIP Muhammadyah Maumere.

Rangkaian agenda MPAB PMKRI Cabang Maumere diawali dengan pembukaan Sidang Kehormatan, yang dipimpin langsung oleh Mandataris RUAC/Formatur Tunggal/Ketua Presidium PMKRI Cabang Maumere St. Thomas Morus, periode 2021-2022, Flavianus Nong Raga.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, anggota penyatu PMKRI (alumni) dari berbagai cabang PMKRI se-Indonesia, dan para tamu undangan lainnya.

Flavianus Nong Raga dalam pidatonya menyampaikan, MPAB merupakan tahapan dari pendidikan formal berjenjang yang dimiliki PMKRI. Mengikuti MPAB, para calon anggota akan mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang PMKRI, membina diri secara pribadi maupun kelompok menjadi lebih baik dan pada akhirnya diinisiasi menjadi anggota PMKRI.

Dipenghujung pidatonya, Aris Raga menuturkan, calon anggota yang serius mengikuti rangkaian proses MPAB tentu akan memahami dari makna dari MPAB itu sendiri.

“Mereka yang setia dan sungguh-sungguh berproses dalam kegiatan ini, sudah tentu akan menjadi pribadi-pribadi yang lebih tangguh, yang lebih peduli dengan orang lain dan mampu terlibat dan berjuang untuk kehidupan umum, untuk Gereja dan Negara”, tandasnya.

Aris  juga mengajak ke-71 calon  anggota baru tersebut, agar mempunyai keberanian dan kekompakan, dimasa mendatang setelah dilantik menjadi anggota PMKRI.

“MPAB ini baru awal. Jika teman-teman setia mengikuti PMKRI, maka kami (DPC) akan membentuk adik-adik menjadi lebih baik lagi”, jelasnya.

Mewakili anggota penyatu, Siflan Angi dalam sambutan menyampaikan, ia mengapresiasi kepada Dewan Pimpinan Cabang PMKRI Maumere, atas penyelengaraan kegiatan ini. Ia pun mengapresiasi para calon anggota, yang telah menentukan pilihan untuk bergabung di PMKRI.

“Adik-adik calon anggota perlu mempersiapkan diri, baik lahir maupun batin. Sebab, hadir di PMKRI tidak hanya sekedar meluangkan waktu, karena untuk menjadi seorang pemimpin butuh  proses, namun proses itu tidaklah mudah”, ungkapnya.

Siflan melanjutkan, memilih belajar di PMKRI, artinya siap diasah kemampuan dan keterampilan, dalam menghadapi tantangan dinamika yang kian bermunculan di bangsa ini.

“Menjadi kader PMKRI, harus wajib punya kepekaan yang tinggi terhadap situasi sosial, baik lokal, nasional maupun internasional. Dengan pergeseran perkembangan zaman saat ini, nilai-nilai 3 (tiga) Benang Merah PMKRI, tidak boleh terkikis ketika republik ini sudah tidak seperti sedia kala”, tegasnya.

Menutup sambutannya, Siflan menambahkan, saat belajar di PMKRI, jangan lengah dalam setiap waktu. Sebagai anggota PMKRI, daya saingnya adalah berusaha. Karena ber-PMKRI, segala pertanyaan ada jawabannya.

“Adik-adik calon anggota harus mampu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Berilah waktu dan ruang untuk terus belajar, serta cari tahu dan dalami apa itu PMKRI. PMKRI bukan segala-galanya, tetapi segala-galanya dari kehidupan, PMKRI adalah solusinya”, tutupnya. (WY)

Tinggalkan Balasan