DiponCyberEnde, Dalam rangka merespon terhadap korban bencana di Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata, PMI Ende siap menyalurkan barang bantuan yang dihimpun melalui Poskoh Donasi PMI, yang dibuka sejak 06 s/d 28 April 2021 akan mengirimkan paket bantuan kemanusiaan pada Rabu, 28 April 2021 pukul 09 : 00 wita, di Kompleks RSUD Ende, Jalan Wirajaya, Kelurahan Paupire, kecamatan Ende Tengah. Selasa, 27/04/2021

Press release PMI Ende yang diterima media ini dari Sekretaris PMI John TH. Ire mengatakan, sebagaimana beberapa mandat dan tugas Palang Merah Indonesia (PMI) berdasarkan Undang Undang nomor 01 tahun 2018 tentang kepalangmerahan yaitu, penanganan bencana; pertama, membantu pemerintah dalam penanganan bencana alam dengan memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban seperti; evakuasi korban bencana, melakukan pertongan pertama, mendirikan penampungan darurat dan dapur umum dan menyediakan akses air bersih dan sanitasi. Kedua, pelayanan transfusi darah; untuk menjamin ketersediaan darah yang aman berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ketiga, pembinaan PMR dan Sukarelawan (KSR, TSR dan DDS); Melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepalangmerahan. Keempat; pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat, melakukan tugas pelayanan sosial kemasyarakatan seperti, memperbaiki, mendukung, dan memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Kelima, melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya, yang diberikan oleh pemerintah.

Sesuai dengan mandat yang ada, PMI Ende terlibat membantu pemerintah Kabupaten Ende dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19, menyiapkan sumber daya yang handal melalui KSR (Korps Suka Rela). Saat ini, PMI Ende turut mengambil bagian dalam kerja kemanusiaan, membantu sesama saudara korban bencana banjir bandang di Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata.

PMI merespon dengan membuka pokoh bencana yang selanjutnya mengajak masyarakat ende berperan serta untuk ikut mengambil bagian meringankan penderitaan sesama saudara di Kabupaten Flores Timur dan Lembata.

Selain bantuan paket kemanusiaan, akan ada 6 personil KSR dan dibantu staf PMI Kabupaten Ende yang akan tinggal beberapa hari di Kabupaten Flotim dan Kabupaten Lembata, dan untuk ikut membantu bersama para sukarelawan dan pegiat kemanusiaan di Kabupaten Flotim dan Kabupaten Lembata. Personil yang akan membantu dilapangan yaitu, tenaga kesehatan 4 orang, 1 orang tenaga logistik dan 1 orang staf merkas.

PMI Ende menyampaikan limpah terima kasih untuk semua solidaritas yang terbangun, semua bantuan yang diberikan melalui Poskoh PMI Kabupaten Ende dari Pihak gereja, masjid, instansi pemerintah dan swasta, badan usaha, BUMN/BUMD, organisasi profesi, peguyuban keluarga, organisasi kemasyarakatan, pihak kampus serta masyarakat yang secara perorangan telah turut berbagi. Kami tahu ini masa sulit ditengah pandemi covid-19, tentunya akan jauh lebih sulit keadaannya, bagi para korban bencana di Kabupaten Flotim dan Lembata.

Adapun paket bantuan terdiri dari makanan (air mineral, mie intant, biskuit, susu bayi, susu sachet), sembako (beras, minyak goreng, gula pasir), obat obatan, multi vitamin, minyak kayu putih, pempers bayi, pembalut, masker medis, handsanityzer, perlengkapan mandi (sabun mandi, odol, sabun cuci) pakaian layak pakaim pakaian ibadah (jilbab, sarung sholat), selimut bayi dan selimut dewasa, handuk, perabot dapur, (periuk , kuali, dandang, baskom, piring, gelas), tikar, terpal. (AS)

Tinggalkan Balasan