DiponCyberJakarta, Gagasan baru lahir dari para alumni PMKRI dengan membentuk Organisasi Persatuan Alumni PMKRI

Pembentukan Organisasi tersebut, diinisiasi oleh beberapa alumni dalam Konggres pertama yang digelar secara online melalui aplikasi Zoom, dan diikuti 150 Alumni yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Minggu, 02/05/2021

Sidang yang dipimpin Kasimirus Bara Bheri mantan Ketua PMKRI DKI Jakarta Periode 2000 – 2002 mengatakan, pembentukan organisasi persatuan Alumni berangkat dari keprihatinan para Alumni PMKRI, untuk mendedikasikan pikiran dan gagasan serta tindakan nyata dalam berbagai persoalan sosial kebangsaan.

“Kongres pertama membahas Anggaran Dasar, Strategi konsolidasi, Sinkronisasi dan sosialisasi, hingga rekruitment anggota. Selanjutnya akan dideklarasikan pada pekan depan”, ungkap Mantan Ketua PMKRI DKI Jakarta.

Pada kesempatan itu, Gustaf Tamo Mbapa dan Septyarini yang juga alumni PMKRI, dipercayakan forum Kongres, sebagai Tim Konsolidasi. Tim ini akan bertugas membangun komunikasi dengan para alumni PMKRI seluruh Indonesia, sebelum organisasi perhimpunan alumni PMKRI dideklarasikan.

Gustaf Tamo Mbapa mengatakan, selama paskah PMKRI dan menjadi alumni, banyak yang sudah memikirkan dengan urusan masing masing, seolah tidak memperdulikan lagi akan semangat tiga benang merah. Sebagai alumni PMKRI, sepertinya semangat tiga benang merah sudah terdegradasi, dalam perkembangannya.

“Kita merasa selama ini dijauhkan dengan kesibukan masing-masing. Organisasi ini menggerakan kita untuk saling mengingatkan, bahwa kita keluar dari rahim yang sama, dengan tiga benang merah menjadi kekuatan kita. Forum ini tidak menonjolkan siapa-siapa. Ini menyatukan dan menguatkan kita betapa pentingnya persaudaraan sejati. Para Alumni, mari kita bersatu dalam niat yang suci ini,” terang Gustaf.

Untuk penyempurnaan Anggaran dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga Forum kongres menyepakati tim kecil yang dipimpin Lodovitus Dandung dan Yohanes Abi. Tim tersebut akan melakukan kompilasi AD/ART Organisasi merujuk pada Undang-Undang pembentukan Ormas.

Beston Barto Siboro Alumni PMKRI Cabang Bengkulu memberikan apresiasi atas gagasan para inisiator membentuk organisasi Alumni.

“Saya memberikan apresiasi dan berharap organisasi ini segera dideklarasikan. Ini akan menjadi media komunikasi antar alumni yang terstruktur dan terukur dalam kerja-kerja nyata untuk kemajuan bangsa,” kata Beston.

Hal demikian juga dikatakan Ones, salah satu alumni PMKRI Samarinda. Ones berpendapat jika pembentukan Organisasi Alumni PMKRI menjadi ruang pemersatu para Alumni di seluruh Indonesia.

“Selanjutnya dengan adanya DPP, pengurus Propinsi dan pengurus Kabupaten Kota akan memberikan dampak bagi kerja nyata para Alumni PMKRI seluruh Indonesia. Di Samarinda akan kami konsolidasikan dengan seluruh alumni,” Ungkap Ones.

Sementara itu salah satu inisiator, Ramses Lalongkoe mengatakan organisasi perhimpunan Alumni PMKRI berlandaskan Pancasila dan bersifat terbuka untuk seluruh alumni yang dengan sukarela bergabung tanpa ada pemaksaan.

“Kita yang hadir disini harus memiliki semangat yang sama, untuk membantu tim konsolidasi di setiap daerah,” Tegas Ramses

Alumni PMKRI Cabang Kupang Cornelis Talok berharap, Tim konsolidasi bekerja cepat agar Organisasi ini segerah dideklarasikan, selanjutnya pembentukan pengurus Propinsi hingga Kabupaten dapat dilakukan.

“Harus lebih cepat bekerja. Kita ini terpanggil bukan dipanggil, sebagai wadah pemersatu alumni ” kata Cornel.

Rekomendasi lain dalam konggres pertama PARI adalah pembentukan tim penulis buku Almarhum Drs. Crist Siner Key Timu.

Alm.Chris Siner Key Timu adalah tokoh PMKRI Karena sikap Konsisten dan perjuangan menyuarakan kebenaran dan keadilan dan berpegang teguh pada nilai nilai yang menjadi Roh perjuangan PMKRI hingga akhir hayatnya.

Cris terkenal sebagai kritikus Orde Baru, Mantan Ketua PP PMKRI, Sekretaris Pokja Petisi 50 Bersama Ali Sadikin Mantan Gubernur DKI Jakarta dan pernah menjabat wakil Rektor Universitas Atma Jaya.

Cris Siner Juga berpartisipasi aktif dalam melahirkan Forum Komunikasi Alumni PMKRI dan Solidaritas Demokrasi Katolik Indonesia.

Hadirnya organisasi Persatuan Alumni PMKRI ini pun disemangati oleh cita cita besar beliau, ketika masa hidupnya. Menyingkap semangat ini, maka Alumni PMKRI terus bergerak maju untuk menjadikan wadah ini sebagai wadah mempersatukan Alumni PMKRI di seluruh Indonesia. (AS)

Tinggalkan Balasan