DiponCyberLabuan Bajo, Pemerintah Desa Waning Kecamatan Ndoso Kabupaten Manggarai Barat, melakukan kegiatan buka jalan tani untuk mempermudah para petani disekitar jalan yang dibuka.

Kegiatan buka jalan tani tersebut, mengerahkan 1 unit alat berat jenis Eksavator, sumber anggaran yang digunakan dana desa (DD), dengan pagu Rp. 400 juta rupiah tahun anggaran 2021. Kamis, 03/06/2021.

Penjabat Kepala Desa Waning Tadeus Nasok menjelaskan, kegiatan buka jalan tani ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 31/05, ini merupakan bagian lanjutan dari tahun 2020.

Dikatakannya, tahun lalu anggaran dana desa yang dipakai untuk kegiatan buka jalan tani sebesar Rp. 500 juta rupiah. Dibuka jalan ini, lahan komoditi pertanian mendapatkan dampak positif untuk petani itu sendiri dalam hal kemudahan akses dan produktivitas bisa ditingkatkan.

“Peluang dibukanya jalan ini juga kedepannya  dapat membuka akses transportasi lintas tengah antara Kecamatan Ndoso dengan Kecamatan Kuwus Barat dan akan memudahkan warga ketika mudik ke Labuan Bajo”, ungkapnya

Tambahnya, kedepan, semua pelaku kegiatan ekonomi masyarakat justru lebih cepat, karena selama ini terus terang petani cukup susah mengangkut hasil pertanian untuk dipasarkan, sehingga hadirnya jalan tani akan memepermudah para petani.

Aloisius Palfon salah satu tim pengelola kegiatan dan sekaligus Pemangku adat menyampaikan, antusias kepada pemerintah baik Pemerintah Pusat, Propinsi, Kabupaten hingga Pemerintah Desa, karena dengan bantuan pemerintah dapat membuka isolasi dari desa hingga kecamatan khususnya di Kecamatan Ndoso dan Kecamatan Kuwus Barat.

“Satu hal yang kami rasakan bahwa dengan kegiatan seperti ini Pemerintah sudah membuka mata. Pembangunan republik ini harus dari desa baru ke tingkat Kabupaten”, tandasnya

Berkaitan dengan kegiatan penggusuran jalan tani ini, masyarakat Desa Waning tidak ada satupun yang komplain, karena kegiatan itu atas dasar kesepakatan bersama. Masyarakat Desa Waning sadar bahwa kegiatan penggusuran jalan tani merupakan bagian dari membangun Desa untuk mewujudkan perubahan. (AA)

Tinggalkan Balasan