DiponCyberEnde, Rumpun Mahasiswa Lamaholot (RUMAH LAMA) Bidang Penalaran dan Keilmuan STPM Santa Ursula Ende gelar kegiatan seminar dengan memanfaatkan potensi wisata alam Bita Beach di Kelurahan Mautapaga Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende.

Kegiatan yang dikemas secara sederhana dan bernuansa akademis ini, dihadiri 30 orang mahasiswa anggota RUMAH LAMA dari Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Santa Ursula (STPM) serta Partisipan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang tersebar di Kota Ende, Minggu (20/06/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini, dua narasumber utama Rikardus Toulwale dan Hen Ajo Leda yang merupakan staff pengajar di STPM St. Ursula Ende dengan materi Komunikasi Organisasi, dan Teknik Fasilitasi yang dipandu oleh moderator.

Rikardus Toulwale sebelum memulai materinya mengapresiasi kehadiran peserta yang pada umumnya adalah Mahasiswa dari Larantuka, Adonara, Solar dan Lembata.

“Kalian luar biasa, untuk melihat bagaimana kegiatan ilmiah itu tidak harus di dalam ruangan perkuliahan atau ruangan pertemuan yang biasa dilakukan selama ini, tetapi juga bisa dilakukan dialam bebas. Ini harus terus dijalankan tentunya, dengan jadwal yang jelas dalam organisasi. “ tutur Rikar

Selanjutnya, melalui materi Komunikasi Organisasi dirinya mengarahkan peserta seminar pada suksesi organisasi yang dipengaruhi oleh bagaimana pemimpin membangun komunikasi terhadap anggota dengan tahapan awal memahami empat elemen utama komunikasi di antaranya komunikator, Media, Pesan, dan komunikatif.

Dalam hal ini, Rikar yang juga adalah pembina RUMAH LAMA STPM menegaskan Komunikasi organisasi diperlukan oleh pemimpin dalam mencapai tujuan organisasi.

“Kemampuan membangun Komunikasi yang baik dari pemimpin terhadap anggota dalam organisasi adalah hal yang penting. Pemimpin harus memahami itu dengan baik” tegas Rikard.

Sedangkan Hend Ajo Leda dalam materi Teknik Fasilitasi, mengarahkan peserta untuk memahami Fasilitasi sebagai proses mencapai tujuan bersama dalam suasana kemitraan dan relasi yang berkelanjutan.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam tersebut, diikuti secara serius dan antusias serta peserta seminar mengajukan beberapa pertanyaan yang kemudian didiskusikan bersama

Sementara itu, Ketua RUMAH LAMA STPM dalam keterangannya menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sebagai kegiatan perdana dalam agenda yang disusun bersama melalui bidang penalaran dan keilmuan.

“Ini kegiatan perdana dari kami melalui bidang penalaran dan keilmuan, dan hari ini kami manfaatkan pantai di sini untuk seminar secara sederhana tapi tetap dengan mekanisme seperti biasa. tentu ke depannya kami akan lakukan terus menerus.

Tinggalkan Balasan