DiponCyber, ENDE–Sekretaris Yapertif, Ana Maria Gadi Djou, S.H., M.Hum menyampaikan apresiasi karena Qurena diproduksi oleh anggota Tim Penggerak PKK Desa Randotonda yang juga merupakan petani penghasil ubi Nuabosi itu sendiri.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Yapertif, Ana Maria Gadi Djou, S.H., M.Hum, saat peluncuran kripik Qurena, Jumat 3 September 2021 di Kantin Uniflor.

Hal tersebut ujar Ana dapat terlaksana karena adanya dukungan dari berbagai pihak baik itu Pemerintah Desa Randotonda maupu dari Uniflor serta dengan dibantu oleh mentor pengolahan ubi Nuabosi tersebut.

Ana berharap  Qurena dapat menjadi oleh-oleh khas Ende dan bisa dikenal hingga ke luar Kabupaten Ende  dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Ende.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor, Falentina Lucia Banda, S.E., M.Sc mengatakan bahwa Qurena merupakan pencapaian yang luar biasa dari Desa Randotonda. Menurutnya Qurena berkualitas karena diproduksi dari bahan baku utama yang baru dipanen. Diharapkan kualitas tersebut dapat dipertahankan agar mampu bersaing dengan produk kripik lain yang sudah ada di pasaran.

Hal yang juga  perlu diperhatikan, kualitas rasa dan kemasan pun masih dapat terus ditingkatkan seiring berjalannya waktu ujar Falentina.

Anggota tim PPDM Yohanes Pande,  mengemukakan merek yang dipakai untuk produk-produk olahan ubi Nuabosi yakni Qurena.

Secara harafiah, Qurena diambil dari bahasa daerah yaitu kure yang bermakna bagus dan atau enak. Selain itu Qurena juga merupakan singkatan dari Qripik Ubi Randotonda Ende Nuabosi Asli. 

Ketua Yapertif, Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt  mengatakan bahwa peluncuran Qurena berkaitan dengan adanya laporan kepada pemerintah karena pelaksanaan PPDM menggunakan dana milik negara.

Laporan yang disampaikan berstatus 70 persen karena masih akan ada produk lain yang akan dihasilkan oleh Tim Penggerak PKK Desa Randotonda ujar Laurentius.

Dikatakan peluncuran Qurena sengaja dilakukan di Uniflor karena rumah pertama yang harus disinggahi produk tersebut adalah rumah besar Uniflor.

Diharapkan para pembeli yang rata-rata civitas akademika Uniflor dapat memberikan kritik dan saran yang membangun demi peningkatan Qurena baik dari segi kualitas maupun kemasan. (rom)

Foto, Romualdus Pius

KRIPIK QURENA/Pelaksanaan Peluncurkan Kripik Qurena di Kantin Uniflor Ende, Jumat,  3 September 2021.

Tinggalkan Balasan