DiponCyber, ENDE—Dosen Prodi Pendidikan matematika, Universitas Flores (Uniflor) Ende, NTT, Juwita Merdja, S.Si dan Vivian Restianim menggunakan batang napier sebagai media pembelajaran di SD GMIT Ende 4.

Menurut Dosen Prodi Pendidikan matematika, Universitas Flores (Uniflor) Ende, NTT, Juwita Merdja, S.Si, Selasa (28/9/2021) di Ende menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru sekolah dasar dalam kegiatan pembelajaran matematika pada perhitungan operasi perkalian dan pembagian agar menjadi lebih mudah.

Dengan menggunakan batang napier pelajaran matematika menjadi  cepat dan menyenangkan pada saat menghitung,”katanya.

Penggunaan batang napier meningkatkan  pemahaman siswa dalam melakukan operasi perhitungan perkalian dan pembagian,ujar Juwita.

Adapun jenis kegiatan yang dilakukan berupa pemaparan materi dan pembuatan media pembelajaran serta praktek penggunaan batang napier sebagai media pembelajaran.

 Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian yang merupakan tugas dan kewajiban bagi setiap dosen selain  mengajar dan melakukan penelitian sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada bulan Juli selama satu bulan yang ikut melibatkan beberapa orang mahasiswa.

 Kegiatan tersebut diikuti oleh semua guru guru matematika di SD GMIT Ende 4 yang dibuka oleh Kepala sekolah SD GMIT Ende 4 Julius Koresj, S.Pd.

Juwita mengatakan pelaksanaan kegiatan disambut antusias oleh guru guru matematika dan juga kepala sekolah.

Selama ini guru guru belum pernah menggunakan media pembelajaran batang napier dalam menjelaskan materi operasi hitung perkalian dan pembagian,jelas Juwita.

 Kegiatan pembelajaran  yang digunakan oleh guru guru untuk materi tersebut hanya sebatas menjelaskan materi dan menyelesaikan soal tanpa menggunakan media pembelajaran.

 Pihak sekolah berharap agar diwaktu mendatang mereka juga diajarkan juga penggunaan media-media pembelajaran yang lainnya yang dapat membantu dan mempermudah bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika, ujar Juwita.

Pelajaran matematika dipandang sebagai pelajaran yang sulit bagi siswa, namun dengan menggunakan media pembelajaran dapat membantu dan memudahkan para siswa yang awalnya mengalami kesulitan belajar akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan,ungkap Juwita.

“Selain itu, juga membantu dan memudahkan bagi guru matematika dalam menjelaskan materi operasi,”katanya.

Foto Bersama/Dosen Prodi Matematika Uniflor Ende berfoto bersama para guru di SD GMIT Ende 4.

Tinggalkan Balasan