DiponCyberEnde, Vaksinasi covid 19 di Kecamatan Ndona, digelar secara terpusat. 500 dosis Vaksin astrazeneca tahap pertama dari partner partai Gokar, mulai dilakukan oleh pihak puskesmas Kecamatan Ndona.

Vaksinasi dilakukan dikantor Camat Ndona, lantaran kecamatan yang terletak disudut Kota Ende ini, terdapat sejumlah desa yang memang akses internetnya tidak ada sama sekali.

Camat Ndona Yohanes R. Demu mengatakan, 500 dosis vaksin astrazeneca merupakan dukungan dari partai Golkar untuk kecamata Ndona. Titik pertama vaksinasi dilakukan di dua desa yaitu Wolotopo dan Wolotopo Timur sejumlah 100 dosis sudah telayani. Kamis 04/11/2021

Yahanes katakan, untuk titik kedua pelayanan terpusat di Kantor Camat Ndona lantaran akses internet di desa desa tidak ada, sehingga untuk pendataan peserta vaksin menggunakan sistem online akan menjadi kesulitan untuk tenaga kesehatan.

“Untuk di desa desa, karena akses internet belum ada sehingga 7 desa di kecamatan Ndona, titik pelayanan vaksinnya di Kantor Camat dan di Wolotopo”, jelasnya.

Ketiadaan internet di desa, Yohanes juga merasa ibah terhadap masyarakat yang sudah mengeluarkan biaya untuk transportasi, tapi juga menyiapkan bekal selama kegiatan vaksinasi berlangsung.

Yohanes juga tambahkan, dari 7 desa di kecamatan Ndona, tedapat 6 titik tower yang akan dibangun diantaranya, Desa Ngaluroga 1 tower, Desa Nila 1 tower, Desa Kekasewa danDesa Wolokota 1 tower, Desa Reka 1 tower, Desa Puutuga 1 tower, dan Desa Kelikiku 1 tower.

“Proses survey, berita acara sampai dengan penyerahan lokasi tanah untuk pembangunan tower sudah semua. Tinggal menunggu pihak ketiga untuk mengerjakan tower”, terangnya.

Yohanes berharap, pihak ketiga segera melakukan pengerjaan tower, pasalnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan forum pimpinan kecamatan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Ndona, Vinsentius Neta mengatakan, bantuan vaksin Yellow Clinic sasaran kami untuk beberapa desa desa, diantaranya, Wolotopo Timur dan Wolotopo, Nila dan Ngaluroga, sedangkan Puutuga dan Kelikiku nanti pada tanggal, 06/11/2021.

Terkait yang sudah divaksin, Kapus Ndona membeberkan, Kecamatan Ndona dalam target hingga desember mencapai 9.705, saat ini yang sudah divaksin 3.283 orang atau 33%. Saat pertemuan dengan Bupati bersama 26 puskesmas di Kabupaten Ende, dibulan November bisa capai 40%, dan Desember 70%.

Vinsentius katakan, untuk bisa menjangkau 80% akhir desember, pihaknya mendata setiap desa, dan memperoleh data 1000 lebih orang.

“Sesuai permintaan bupati diantaranya, masyarakat umum 40 %, dan lansia 80 %”, ungkapnya.

Kebutuhan stok vaksin untuk lansia dan pelajar, serta ibu hamil dan ibu menyusui, masih dibutuhkan/

“Kami harap, partai gokar bisa membantu lagi vaksin sinovac”.

Kerja mencapai target, saat ini puskesmas kecamatan Ndona memiliki tenaga kesehatan (Nakes), sejumlah 36 orang, 44 orang tenaga sukarela, keseluruhannya ada 80 orang.

Mengenai kerja keras tenaga kesehatan, dimasa pandemi covid 19, Kapus berharap, agar tenaga kesehatan sukarela bisa diperhatikan jadi tenaga kontrak. Menurutnya, selama ini puskesmas kecamatan Ndona, sangat terbantu dengan adanya tenaga sukarela.

Koordintor Yellow Clinic dan YTMI partai Golkar Kabupaten Ende, saat melakukan pemantauan dan memberikan baju Yellow Clinic mengatakan, stok vaksin dari partai Golkar untuk Kabupaten Ende sudah tersebar di 9 Kecamatan. Enci tambahkan, Kecamatan lain, yang belum menerima vaksin agar bersabar, sebab nantinya vaksin akan menyusul untuk kecamatan yang belum mendapatkan vaksin.

Enci katakan, tahap pertama vaksin yang menyebar di 9 kecamatan sudah sebanyak 3.200 vaksin, dari 6.200 stok vaksin. Untuk kecamatan yang belum, harap bersabar karena pihaknya akan terus beroorsdinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengecek stok vaksin dari YTMI dan Yellow Clinic

Enci juga menyampaikan terimaksih kepada masyarakat, Kapus dan jajarannya, serta pemerintah Kecamatan Ndona yang telah bekrja sama dengan partai golkar.

Ketua Satgas Anti Korupsi DPD I partai gokar NTT Kasimirus Bara Bheri (Cessar) mengatakan, untuk masyarakat Kecamatan Ndona, dan Kabupaten Ende umumnya, tidak perlu takut untuk divaksin, daftarkan diri langsung ke pemerintah setempat untuk pemenuhan imun tubuh, dalam situasi covid 19.

Melihat jumlah kehadiran masyarakat Desa Nila dan Ngaluroga yang banyak dihalaman Kantor Camat Ndona, Kasimirus mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak dan masyarakat dua desa, yang telah bersedia untuk diivaksin. (AS)

Tinggalkan Balasan